8 Jenis Kerja Online untuk Pelajar


Jika kamu seorang pelajar dan ingin mendapatkan penghasilan, kerja online untuk pelajar bisa jadi pilihan yang tepat. Hanya dengan menggunakan gadget dan akses internet, kamu sudah bisa mulai bereksplorasi mencari peluang cuan yang ada di banyak tempat. 

Tidak hanya itu, sifat kerja online yang tidak mengharuskan kamu untuk keluar rumah juga bisa menghemat pengeluaran dan bisa kamu gunakan untuk menabung dan menyiapkan diri untuk masa depan yang lebih baik. Jika kamu berkeinginan untuk bekerja disuatu perusahaan besar, memulai karir melalui pekerjaan online juga bisa meningkatkan pengalaman kerja loh!

Asalkan kamu punya niat sungguh-sungguh dan kemauan untuk belajar, kamu bisa mendapatkan pekerjaan atau bahkan pendapatan yang besar sebelum lulus sekolah. Nah, jika kamu berminat untuk mencari tahu lebih lanjut kerja online, ini dia 8 jenis kerja online untuk pelajar yang bisa kamu gunakan sebagai referensi.

1. Affiliate Marketer

Pernah dengar istilah afiliasi atau referral? Pernah melihat akun di media sosial yang mereview sebuah produk kemudian mengarahkan followersnya untuk membeli produk tersebut melalui link yang ada di profil mereka? Ya, itu adalah affiliate.

Jenis kerja online untuk pelajar ini terbilang cukup santai karena tidak perlu mengeluarkan modal untuk membeli maupun mengirimkan barang, cukup dengan membagikan link referral kepada orang yang ingin membeli suatu produk, maka kamu akan mendapat komisi dari penjualan produk tersebut.

Biasanya penyedia produk sudah menyiapkan aset atau materi iklan, sehingga kita tinggal sebarkan melalui media sosial seperti whatsapp, facebook, instagram dan tiktok. Cara menjadi seorang affiliater bisa mendaftar melalui website dari penyedia produk fisik seperti Shopee atau produk digital seperti Ratakan.com.

2. Dropshipper

Skema dropship adalah memasarkan produk tanpa perlu stok barang, kemudian meneruskan order ke supplier yang dipercaya. Dropshipper mendapatkan keuntungan dari selisih harga yang ditawarkan kepada pelanggan dengan harga supplier.

Biasanya dropshipper memanfaatkan teknologi digital terutama sosial media untuk mendapatkan pelanggan, oleh karena itu pemahaman dengan social media marketing sangat diperlukan dan dikuasai jika ingin mendapatkan penghasilan dengan menjadi dropshipper. Social media marketing sendiri adalah salah satu bagian dari tugas digital marketing

Beberapa keuntungan dengan menjadi dropshipper adalah :

  1. Tanpa modal
  2. Bisa dikerjakan dimana saja
  3. Bisa menjual bermacam-macam produk
  4. Tidak perlu stok barang
  5. Tidak perlu packing dan kirim barang

Beberapa kekurangan menjadi dropshipper adalah :

  1. Sulit untuk mendapatkan margin tinggi
  2. Sulit memastikan ketersediaan barang
  3. Kecepatan pengiriman tergantung supplier
  4. Sulit bila diminta foto produk secara real time

3. Kursus Online

Dimasa pandemi seperti ini, masyarakat sudah mulai terbiasa belajar secara online. Oleh karena itu, jika kamu menggemari suatu subjek pembelajaran dan bisa mengajar, membuat kursus online atau mengajar secara online jenis kerja online untuk pelajar yang cocok buatmu.

Namun sebelum itu, pastikan target market yang dituju sudah jelas. Kamu bisa memanfaatkan tools gratis seperti google meet untuk proses belajar dan tools desain seperti canva untuk membuat desain promosi. 

4. Jasa Pembuatan Website

Dengan berbekal laptop dan koneksi internet, kamu juga bisa menawarkan jasa pembuatan website terutama kepada para pemilik bisnis online.  Kamu bisa menawarkan jasa ini melalui media sosial pribadi atau dengan cara bergabung ke agensi.

Mulailah dengan menentukan tipe website seperti apa yang akan kamu tawarkan. Mengutip dari Hostinger, inilah beberapa jenis website yang paling sering dibuat :

  1. Website e-commerce. 

Toko online adalah salah satu jenis situs yang paling banyak dikunjungi saat ini. Dengan semakin populernya metode drop shipping, semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk membangun bisnis online, yang tentunya bisa dijadikan peluang usaha utama atau sampingan. Di situs e-commerce, kamu diperbolehkan menjual berbagai barang, baik digital maupun fisik, ke sejumlah audiens di seluruh dunia (metode yang, sayangnya, tidak bisa dilakukan oleh toko fisik).

  1. Blog

Sebagian besar blogger mengawali perjalanan online mereka dari nol. Mereka pasti pernah mengetikkan kata kunci cara membuat blog di mesin pencari. Blog dapat mencakup berbagai jenis topik, misalnya untuk kegiatan bisnis (afiliasi, review, niche blog) atau yang mengulas tentang hobi dan aktivitas (traveling, makanan, musik, dan buku).

  1. Website edukasi

Punya hobi atau kemampuan di bidang tertentu? Kenapa tidak mencoba untuk membuat kursus online atau website yang menawarkan layanan keanggotaan? Dengan adanya website ini, kamu bisa membagikan informasi sekaligus mengasah keahlian di bidang tersebut.

  1. Website berita

Di era yang hampir semuanya serba online ini, membuat situs berita semakin mudah. Setiap hari orang-orang mencari informasi melalui berbagai sumber. Jika kamu suka berbagi kisah yang menarik, membuat situs berita online layak untuk dicoba. Penyampaian informasi dan pesan pun menjadi lebih mudah.

  1. Komunitas online

Jumlah komunitas online yang setiap saat semakin meningkat seolah-olah memberi kamu bahwa sekaranglah waktunya untuk membuat dan mengelola komunitas di internet. Semakin cepat kamu mendirikan komunitas online, semakin banyak jumlah audiens yang terkumpul.

  1. Portofolio

Agar keberadaan kamu di dunia internet semakin dilirik, janganlah ragu untuk menunjukkan kemampuan dan kelebihan yang dimiliki. Buatlah situs portofolio dan coba peruntungan kamu dalam memperoleh panggilan kerja dan wawancara, mengikuti lomba atau kompetisi, dan tawaran bisnis.

Selain itu, kamu juga bisa mendaftar sebagai freelancer di website freelance seperti upwork dan fiverr. Melalui website ini kamu bisa mendapatkan klien dari luar negeri. Sehingga diperlukan kemampuan bahasa inggris yang baik disamping kemampuan dalam membuat website.

5. Translator

Jika kamu menguasai bahasa asing terutama bahasa inggris, maka tidak ada salahnya mencoba menjadi translator atau penerjemah bahasa. 

Cobalah mulai meng-explore cara beberapa platform freelancer seperti fastwork.id, upwork.com dan fiverr.com untuk mendapatkan klien. Banyak referensi dan tutorial yang bisa kamu pelajari melalui youtube atau forum di media sosial seperti Penerjemah Freelance Indonesia

6. Freelance Design Grafis

Pekerjaan sebagai design grafis cukup banyak dicari dalam beberapa tahun belakangan. terutama bagi pelaku bisnis baik skala kecil maupun besar yang memerlukan design apik untuk kebutuhan marketing mereka.

Lingkungan kerja yang fleksibel bagi design grafis menjadi pilihan yang baik bila kamu ingin bekerja dari rumah setelah pulang sekolah. Mengutip dari ekrut.com, inilah berberapa hardskill yang sebaiknya kamu pelajari dan kuasai apabila ingin menekuni pekerjaan sebagai desain grafis adalah :

  1. Typography
  2. Menguasai prinsip desain
  3. Aplikasi adobe creative
  4. Time management
  5. Kemampuan presentasi

7. Admin Media Sosial

Jika kamu memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dan paham tentang sosial media, maka menjadi admin media sosial bisa menjadi peluang yang bagus sebagai pekerjaan sampingan.

Lalu, apa saja yang menjadi tanggung jawab seorang admin media sosial? Berdasarkan redcomm.co.id, ada 5 tugas yang menjadi tanggung jawab seorang admin media sosial yaitu : 

  1. Menjaga Kerahasiaan Password serta Keamanan Akun
  2. Merancang Konten untuk Ditayangkan
  3. Menjadwalkan Konten Tayang
  4. Menjaga Interaksi dengan Followers
  5. Membuat Laporan tentang insight media sosial yang didapat

8. Streamer Game

Bagaimana bila kamu bisa menghasilkan uang dengan cara bermain game? Tentu saja ini akan menjadi pekerjaan idaman, bukan? terutama untuk anak sekolah yang hobinya bermain game.

Faktanya sudah banyak orang yang menjadikan game sebagai media untuk menghasilkan uang melalui streaming game. Dengan memanfaatkan software streaming seperti OBS Studio, Xsplit gamecaster atau streamlabs OBS kamu bisa menyiarkan game yang sedang kamu mainkan ke platform media sosial yang menyediakan fitur live straming seperti facebook gaming dan youtube gaming

Lalu bagaimana caranya mendapatkan uang melalui live streaming game? 

Platform seperti facebook gaming memberikan fitur monetisasi kepada streamernya dengan beberapa syarat dan ketentuan. Mengutip dari  tribunnews.com, ada tiga sumber penghasilan yang bisa didapatkan oleh para kreator konten game di Facebook Gaming, yakni dari iklan (ads), stars (“mata uang” Facebook Gaming), dan fan support (langganan).

Kesimpulan

Nah, dari delapan jenis pekerjaan ini apakah ada yang ini kamu coba? Mulai diniatin aja dulu sambil upskill dan belajar melalui video tutorial yang ada di youtube. Kamu bisa mulai dari apa yang sesuai dengan minatmu agar tidak menjadi beban ketika dikerjakan. 

Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk bagikan artikel ini kepada temanmu yang juga tertarik untuk mempelajari digital marketing. Bingung mulai dari mana? Niatin aja dulu! Mulai dari baca-baca informasi mendasar tentang digital marketing, atau mungkin kalau kamu butuh motivasi lebih, bisa lihat juga nih informasi gaji digital marketing yang mungkin akan buat kamu lebih semangat untuk belajar. Semangat!

Bagikan ke temanmu!
Default image
niat.id

Leave a Reply