Gaji Magang di Startup Indonesia, Worth it gak sih?

Seiring dengan semakin meningkatnya kompetisi kerja, pengalaman kerja menjadi salah satu faktor yang sangat penting dalam proses penerimaan kerja, pertanyaan tentang pengalaman kerja ketika wawancara  juga menjadi salah satu pertanyaan yang paling sering ditanyakan. 

Jika kamu seorang mahasiswa atau fresh graduate yang belum punya pengalaman kerja, kegiatan magang atau internship sudah menjadi salah satu pilihan tepat untuk memiliki pengalaman kerja.

Dilansir dari The Independent, ditemukan bahwa 58% perusahaan menempatkan pengalaman kerja sebagai kualifikasi paling populer dan 48% lainnya menempatkan pengalaman kerja sebagai kualifikasi kedua paling popular. 

Sementara Biro statistik tenaga kerja di Amerika juga memperkirakan bahwa hanya ada sekitar 33% pekerjaan di Amerika Serikat yang mengutamakan gelar sarjana dimana yang lainnya berfokus pada pengalaman kerja atau pelatihan di bidang yang dibutuhkan. 

Oleh karena itu, untuk meningkatkan probabilitas penerimaan kerja, kamu harus meningkatkan kapabilitas kinerjamu yang dapat dibuktikan salah satunya dengan mengikuti program magang di perusahaan atau bidang yang ingin kamu tekuni.

Berbeda dengan bekerja sebagai penuh waktu atau paruh waktu, tujuan utama magang pada umumnya di desain untuk mereka yang belum punya pengalaman sehingga dapat mempelajari lingkungan kerja serta bidang yang diminati. Oleh karena itu, tidak semua program magang menyediakan gaji magang untuk pesertanya.

Namun jangan khawatir, sudah ada banyak sekali program magang yang memberikan insentif atau uang saku pada pesertanya, khususnya perusahaan teknologi atau startup. Kalau kamu tertarik untuk bekerja di perusahaan teknologi atau startup di tanah air dan penasaran dengan gaji  magang yang ditawarkan. Kamu harus baca artikel ini sampai akhir! 🙂

Magang itu digaji gak sih? Paid Internship vs Unpaid Internship

Program magang tidak setara dengan pekerjaan full-time maupun part-time. Program magang pada umumnya ditujukan untuk tenaga kerja yang belum memiliki pengalaman tapi memiliki keinginan besar untuk belajar. Maka dari itu, peserta magang tidak digaji setara dengan karyawan full-time atau part-time.

Pada umumnya, jenis Magang dapat dibagi menjadi 2 tipe, paid internship (magang dibayar) atau unpaid internship (magang tidak dibayar). Seperti namanya, paid internship menyatakan bahwa perusahaan akan memberikan insentif atau gaji magang.

Sementara itu, para peserta magang untuk program unpaid internship tidak mendapatkan insentif khusus atau gaji. Walau tidak dibayar dalam bentuk gaji, peserta unpaid internship biasanya tetap mendapatkan tunjangan atau kompensasi dasar seperti uang transportasi atau uang makan. 

Jika kamu ingin mengikuti program magang yang dibayar dan kamu juga tertarik dengan bidang teknologi, maka mendaftarkan diri untuk mengikuti program magang di perusahaan startup teknologi adalah pilihan yang tepat. 

Nah, tim yangpentingniat.id sudah mengumpulkan data gaji magang dari 12 perusahaan startup teknologi terbesar di Indonesia yang bisa kamu gunakan sebagai referensi. Tidak hanya gaji magang, kami juga menunjukkan gaji entry level (gaji karyawan tetap di tahun-tahun awal bekerja) di perusahaan-perusahaan tersebut. Dengan demikian, kamu juga bisa tahu kemungkinan kenaikan gajimu dari peserta magang ke penuh waktu jika kamu juga ingin bekerja sebagai full-timer di perusahaan tersebut. 

peningkatan gaji karyawan start-up teknologi di Indonesia

Dari survey tersebut, dapat dilihat bahwa rata-rata gaji magang di startup teknologi Indonesia mencapai angka 3.2 juta rupiah per bulannya. Jumlah ini cenderung besar jika dibandingkan dengan gaji magang di bidang lainnya. Nah, walaupun demikian, masih ada perusahaan-perusahaan yang tidak menyediakan insentif berbentuk gaji magang, tapi tetap memberikan tunjangan untuk membantu kegiatan magang yang kamu lakukan.

Unpaid Internship? Masih dapat Tunjangan kok!

Walaupun bukan program magang berbayar yang menyediakan gaji magang, biasanya perusahaan tetap menyediakan berbagai tunjangan untuk mendukung kinerja peserta magang. Tunjangan yang diberikan juga tergantung dengan kebijakan masing-masing perusahaan.

Ada banyak sekali bentuk tunjangan yang dapat diberikan oleh perusahaan untuk karyawan tetap maupun magang. Tunjangan tersebut bisa saja berbentuk kompensasi dalam bentuk uang, atau bisa juga berbentuk barang atau penyediaan makan siang dan transportasi ketika lembur. 

Berikut beberapa jenis tunjangan yang biasanya disediakan perusahaan:

  • Tunjangan transportasi

Tunjangan transportasi yang disediakan perusahaan dapat diberikan dalam berbagai bentuk dan diatur berdasarkan sistem yang ditetapkan perusahaan. 

Ada yang memberikan dana transportasi hanya untuk peserta magang yang lembur, ada juga yang memberikan sejumlah uang untuk menggantikan uang transportasi selama mengikuti program magang. Selain itu, ada juga perusahaan yang hanya mengganti dana transportasi untuk mobilitas ketika kerja lapangan. 

  • Tunjangan makan

Di beberapa perusahaan yang memiliki kantin tersendiri, bisa jadi kamu akan mendapatkan jatah untuk bisa makan siang di kantin perusahaan. Di lain kondisi, bisa juga perusahaan menyediakan katering khusus. Bentuk tunjangan makan ini sangat bervariatif. 

  • Tunjangan internet

Semakin meningkatnya penggunaan internet, ditambah dengan masa pandemi yang menyertakan banyak pertemuan atau rapat online, penggunaan internet sudah menjadi hal yang sangat wajar. Oleh karena itu, banyak pula perusahaan yang memberikan tunjangan internet yang biasanya berbentuk pulsa atau kuota internet bagi peserta magangnya. 

  • Tunjangan dinas

Walaupun kamu bukan karyawan tetap, kamu tetap bisa dilibatkan dalam tugas dinas yang mengharuskan kamu melakukan kerja lapangan. Ketika kamu melakukan kerja lapangan di luar kantor yang memerlukan transportasi khusus atau melewati jam makan siang, perusahaan biasanya akan memberikan tunjangan dinas untukmu. 

Jadi, lebih baik di gaji atau tidak? 

Sekali lagi, kamu harus pahami bahwa besarnya tunjangan sangat variatif antar perusahaan dan dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada kebijakan perusahaan. Jika kamu ingin mengetahui detail gaji magang atau tunjangan di perusahaan yang ingin kamu lamar, Kamu bisa memeriksa pada portal perusahaan atau bertanya kepada peserta magang sebelumnya.

Dapat dilihat bahwa gaji bukan lah insentif tunggal dalam sebuah pekerjaan, baik full-time atau magang. Kompensasi dalam bentuk lain dapat diberikan oleh perusahaan sebagai bentuk apresiasi terhadap karyawannya. Jadi, coba melakukan riset lebih dalam dan menanyakan lebih dalam tentang benefit yang akan diterima kamu saat sedang direkrut perusahaan.

Ketika kamu mendaftarkan diri pada suatu program magang, kamu harus menetapkan apa yang kamu ingin dapatkan dalam program magang tersebut. Garry Tan, co-founder dari Initialized Capital pernah mengatakan “Are you learning, or are you earning? If both, you’re in a great place. If it’s one or the other, that’s good too. If it’s neither, it’s time to move on; you’re wasting your life.” 

Dari pernyataan Garry Tan tersebut, setidaknya ada dua poin yang harus kamu perhatikan ketika ingin bekerja di suatu tempat: (1) apakah kamu dapat belajar sesuatu di tempat itu (ilmu dan pengalaman)? atau (2) apakah kamu akan menghasilkan sesuatu (uang)?

Jika kamu mendapatkan keduanya, maka kamu sudah ada di tempat yang tepat, namun jika kamu tidak mendapatkan keduanya, maka lebih baik untuk berhenti dan mencari tempat lain karena sesungguhnya kamu sedang membuang-buang waktumu. 

Nah, jika kamu berkeinginan untuk mengikuti program magang, maka kamu harus mulai untuk mencari berbagai informasi yang kamu butuhkan! Tidak hanya tentang informasi gaji, kamu juga dapat melakukan riset tentang tugas-tugas yang mungkin akan kamu dapatkan.

Jika kamu seorang peserta magang yang ingin mengetahui informasi gaji karyawan tetap, khususnya di bidang digital marketing, kamu bisa juga baca artikel kami tentang gaji digital marketing di Indonesia. Jangan lupa tingkatkan niat kamu untuk bisa belajar agar dapat menunjukkan kualitas diri yang lebih baik pula.

Bagikan ke temanmu!
Default image
niat.id

Leave a Reply