Gaji Digital Marketing Pemula di Indonesia Tahun 2021


Zaman semakin canggih, beriklan pun kini tidak melulu dengan menggunakan media cetak, siaran radio atau iklan di televisi. Digital marketing menjadi opsi penting yang semakin memudahkan kita dalam proses promosi produk atau bisnis kita dengan memanfaatkan media digital dan internet.

Meskipun memudahkan, ternyata diperlukan skill atau kemampuan khusus untuk sukses beriklan di ‘panggung’ digital. Di sinilah peran mereka yang bekerja di dunia digital marketing sangat dibutuhkan.

Ada berbagai tugas digital marketing dalam suatu perusahaan, mulai dari mengatur strategi iklan, membuat ide desain, membuat konten, melakukan pengaturan di platform yang dipilih, hingga melakukan evaluasi terhadap kinerja dari masing-masing konten adalah gambaran umum dari keseharian digital marketer, tak heran pendapatan mereka pun cukup menggiurkan.

Lantas apa saja sih bidang pekerjaan digital marketing dan berapa besaran gaji mereka? Berikut adalah rangkuman seputar bidang pekerjaan dan gaji digital marketing pemula.

Rata-rata gaji digital marketing e-commerce populer di Indonesia

Rata-rata gaji digital marketing di e-commerce Indonesia

Perusahaan e-commerce di Indonesia sangat unggul di bidang marketing, terutama dari performa team digital marketing mereka yang mampu membanjiri berbagai platform media sosial, video streaming, hingga ke ranah yang lebih personal lagi seperti email.

Lantas pernahkah terpikir berapa besar gaji yang berani mereka berikan kepada karyawan mereka di bidang digital marketing?

Secara rata-rata, top 10 e-commerce di Indonesia ini mampu menggaji karyawan marketing mereka di angka Rp.6.235.000,-. Angka tersebut lebih tinggi 69% ketimbang UMR Jakarta per 2021 yang sebesar Rp.4.416.186,- Tidak hanya untuk pegawai tetap, gaji magang di bidang digital marketing juga terbilang cukup besar dibandingkan program magang lainnya.

Namun angka itu tidak berlaku umum, ada posisi-posisi tertentu di digital marketing yang memerlukan sejumlah keahlian khusus yang pastinya akan mendapatkan angka gaji yang juga berbeda-beda. Untuk lebih lengkapnya, saya akan mengulas secara lebih dalam lagi di bagian selanjutnya.

Channel dan gaji digital marketing pemula

Gaji digital marketing tentunya berbeda-beda berdasarkan jenis pekerjaan yang dilakukan. Terdapat beberapa channel sebagai fokus pekerjaan digital marketing. Secara umum, jenis pekerjaan digital marketing dikelompokan ke dalam dua golongan besar.

Yang pertama, ketika perusahaan perlu membayar sejumlah dana kepada pihak ketiga untuk beriklan atau disebut paid channel. Lalu yang kedua adalah ketika perusahaan tidak perlu mengeluarkan dana spesifik kepada pihak ketiga untuk beriklan atau disebut organic channel.

Kedua channel tersebut memiliki spesifikasi tersendiri sesuai dengan platform  yang mereka gunakan. Beberapa perkiraan gaji digital marketing berdasarkan channel yang paling populer di dunia, termasuk di Indonesia adalah sebagai berikut:

Gaji SEM Specialist Pemula (Paid Channel)

gaji search engine marketing

Search Engine Marketing (SEM) atau dikenal juga dengan PPC (Pay per click) merupakan strategi berbayar untuk meningkatkan  potensi sebuah web menjangkau target audience kita di SERP (Search Engine Result Pages) semisal Google, Yahoo, Bing, dsb.

Dengan memanfaatkan layanan ads yang disediakan seperti Google Ads, iklan pun dapat ditayangkan di hampir seluruh layanan yang dimiliki oleh mereka. Strategi yang harus dirancang oleh para digital marketer yang bekerja pada bidang ini meliputi pencarian keyword yang tepat, mengatur bid strategy, meningkatkan kualitas ads, membuat copywriting dsb.

Berdasarkan data yang kami peroleh dari kitapunya.net seorang SEM specialist pemula memungkinkan untuk mendapat gaji hingga Rp. 6.000.000,- Selain itu kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan sampingan di bidang inipun cukup besar.

Gaji Social Media Specialist Pemula (Paid Channel)

social media marketing

Sering melihat iklan yang bermunculan saat main Instagram, Facebook, Tiktok atau Twitter? Itu adalah contoh yang paling sering kita lihat dari pekerjaan seorang Social Media Specialist. Mereka bertugas untuk menjalankan strategi beriklan di platform media sosial.

Berdasarkan data dari WeAreSocial per Januari 2021, terdapat 170 Juta pengguna sosial media. Selain itu iklan di sosial media menempati urutan ke 4 sebagai sarana seseorang untuk mengetahui brand atau product terbaru. Nah sekarang semakin terlihat kan seberapa pentingnya memanfaatkan strategi beriklan di sosial media?

Untuk kamu yang tertarik menjadi seorang social media ads specialist, range gaji bisa sangat beragam terutama pada posisi awal dan juga sangat tergantung dari jenis perusahaan tempat bekerja serta tanggung jawab yang kamu terima. Kisaran gaji sekitar Rp. 4.000.000 merupakan pendapatan awal yang minim kamu dapatkan dan akan terus bertambah seiring pengalaman kerja yang kamu miliki.

Gaji SEO Specialist Pemula (Organic Channel)

search engine optimization (seo)

Membuat website kamu bertengger di halaman pertama dan posisi pertama mesin pencari adalah gambaran singkat dari tujuan pekerjaan dari Search Engine Optimization Specialist (SEO Specialist).

Berbeda dengan SEM yang berbayar serta memungkinkan mendapat hasil secara instan, SEO dapat dilakukan secara gratis namun memang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menikmati hasil yang diinginkan. Kamu juga dapat mengidentifikasi web-web yang merupakan hasil dari optimasi SEO dengan melihat ada atau tidaknya tulisan “iklan” atau “ads” di sisi sebelah kiri dari link yang muncul pada SERP.

Kemampuan untuk menulis, melakukan riset trend dan keyword, pemahaman akan HTML, CSS dan menguasai CMS (Content management system) dapat sangat membantu proses kamu menjadi seorang SEO Specialist.

Bagi kamu yang penasaran tentang gaji digital marketing fresh graduate khususnya sebagai SEO Specialist kurang lebih dapat mengantongi sekitar Rp.6.000.000 terutama apabila kamu sudah memiliki blog atau website sendiri.

Gaji Social Media Specialist Pemula (Organic Channel)

social media organic

Balik lagi ke dunia sosmed, berbeda dengan yang tadi sudah kita bahas, kali ini kita akan membahas tugas seorang Social Media Specialist khususnya yang fokus pada organic growth.

Ciri khas dari mereka yang memperjuangkan organic growth adalah selalu update content dan sering memperhatikan algoritma dari masing-masing platform. Itu mereka lakukan agar segala sesuatu yang mereka post dapat betul-betul optimal, menjawab permasalahan yang audience hadapi, atau menyampaikan info serta mendapatkan exposure yang baik.

Dibutuhkan kemampuan untuk melakukan perencanaan, melihat trend, komunikasi baik secara visual maupun verbal yang baik, memahami karakteristik dari masing-masing platform dan berpikir kreatif. Selain itu kamu juga sebaiknya memahami metrik yang digunakan untuk mengukur kinerja sosmed yang menjadi tanggung jawabmu.

Buat kamu yang suka main sosial media dan pengen kerja online dan digaji, bisa banget persiapkan diri kamu untuk masuk ke dunia digital marketing,  posisi ini akan cocok banget buat kamu. Buat entry level kamu mungkin banget buat dapet gaji di angka Rp.6.000.000.

Gaji Content Marketing Specialist Pemula (Organic Channel)

Content Marketing Specialist Pemula

Dikutip dari Content Marketing Institute secara sederhana yang dimaksud dengan content marketing adalah strategi marketing yang berfokus pada pembuatan dan distribusi konten yang relevan, penting dan konsisten untuk menarik target audiens dan mengarahkan mereka untuk menjadi customer.

Seorang content marketer tidak hanya akan membuat konten yang berkualitas (relevan, penting dan konsisten) namun mereka juga mendistribusikannya ke berbagai channel organic untuk mencapai tujuan bisnis dari perusahaan tersebut.

Menurut data terkini dari Glints di tahun 2020 mereka yang bekerja sebagai content marketer rata-rata memperoleh gaji sekitar Rp.5.000.000. Jika kamu gemar menulis, melakukan riset dan membuat konten berdasarkan data bidang ini akan sangat cocok untuk kamu.

Kesimpulan

Dunia digital marketing memiliki banyak fokus pekerjaan yang menjanjikan pula gaji yang cukup tinggi untuk mereka yang belum memiliki pengalaman atau baru lulus kuliah. Kamu juga dimungkinkan untuk bekerja sesuai dengan apa yang menjadi passion kamu.

Selain contoh-contoh di atas, masih banyak lagi posisi atau peran-peran yang ada di dalam dunia digital marketing. Namun secara umum, 5 contoh yang sudah diberikan merupakan peran dalam dunia digital marketing yang sangat memungkinkan untuk kamu kerjakan sebagai lulusan baru ataupun kamu yang tengah berpindah karir ke dunia digital marketing.

Di artikel ini, saya baru membahas secara singkat mengenai pekerjaan-pekerjan dan gaji di dunia digital marketing. Untuk pembahasan lebih lengkap seputar dunia digital marketing dan persiapan-persiapan yang penting kamu lakukan sebelum bekerja, akan saya bahas di artikel selanjutnya.

Semoga dengan artikel ini, kamu semakin mempunyai niat untuk berubah dan menjadi versi diri kamu yang terbaik di bidang yang kamu sukai. Jangan lupa untuk bagikan artikel ini kepada teman-temanmu yang juga tertarik dengan dunia digital marketing! Sampai jumpa di artikel selanjutnya! Salam dari kami si paling niat!

Bagikan ke temanmu!
Default image
niat.id

Leave a Reply